Belum Ada Separuh Kapal Ikan yang Taat Nyalakan Sistem Monitoring

Kompas.com - 12/01/2015, 20:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selama tahun 2014, dari 4.751 kapal perikanan berukuran di atas 30 gross tonage (GT) yang terpasang transmitter Vessel Monitoring System (VMS), hanya 1.969 kapal atau 41,44 persen yang mengaktifkan transmitter VMS.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), KKP Asep Burhanudin mengatakan, sisanya atau sebanyak 58,56 persen tidak taat dalam mengaktifkan transmitter VMS.

“VMS mati disebabkan antara lain kapal tidak beroperasi (docking, dampak moratorium), kapal berada di pelabuhan pangkalan, transmitter rusak di laut, dan sengaja mematikan,” ucap Asep, dalam paparan Senin (12/1/2015).

Asep lebih lanjut mengatakan, berdasarkan analisis pergerakan kapal selama tahun 2014, diketahui sebanyak 528 kapal perikanan melakukan pelanggaran. Sebanyak 469 kapal melanggar daerah penangkapan, 29 kapal melakukan transshipment di laut, serta 15 kapal menangkap ikan tanpa SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan).

Dia juga memaparkan, sebanyak tujuh kapal mengangkut ikan tidak melalui cek poin terakhir, lima kapal membawa hasil tangkapan langsung ke luar negeri, dua kapal tidak melaporkan hasil tangkapan di pelabuhan yang ditentukan, dan 1 kapal menggunakan alat tangkap pair trawl.

“Pelanggaran tersebut diperkirakan sebanyak 74 persen terjadi di Laut Arafura dan 16 persen terjadi di perairan Laut Tiongkok Selatan,” lanjut Asep.

Terhadap kapal-kapal perikanan yang terindikasi melakukan pelanggaran tersebut, dilakukan klarifikasi dan diberikan surat peringatan serta direkomendasikan untuk diberikan sanksi adminsitrasi kepada Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, KKP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.