15 Januari, BKPM Uji Coba Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Kompas.com - 14/01/2015, 00:23 WIB
Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani berfoto sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/11/2014). (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) DANY PERMANAKetua Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani berfoto sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/11/2014). (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) siap mengujicoba sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada 15 Januari 2015. Nantinya, para investor tak perlu lagi mengurus perizinan di berbagai kementerian.

"Kami berharap dalam uji coba ini investor memanfaatkan layanan perizinan yang ada di PTSP Pusat. Sehingga sistem dan persiapan yang telah dilakukan dapat diuji kehandalannya," ujar Ketua BKPM Franky Sibarani, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Franky menjelaskan, setelah ini dicoba, BKPM akan memberikan catatan dan evaluasi apakah masih terdapat masalah dalam hal sistem teknologi. Apabila terdapat masalah, dia berjanji akan segera memperbaiki sistem tersebut sehingga menjadi lebih baik. Dalam uji coba itu, beberapa izin sektoral kementerian sudah bisa dicoba seperti sektor usaha kelistrikan, perindustrian dan pertanian.

“Investor di ketiga sektor usaha tersebut tidak perlu lagi mengelilingi Jakarta, keluar-masuk Kantor Kementerian untuk mengurus perizinan. Cukup datang di BKPM dan tinggal menuju meja dari masing-masing kementerian atau lembaga yang diperlukan dalam perizinan," kata dia.

Selain itu, investor juga bisa mengurus perizinan dan rekomendasi sektor telekomunikasi dan penyiaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta perizinan di bidang usaha pariwisata dan ekonomi kreatif perfilman yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata.

Rencananya, sistem tersebut akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Januari nanti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X