Penuhi Target Swasembada, Kementan Minta Anggaran Rp 16,9 Triliun

Kompas.com - 15/01/2015, 07:24 WIB
Menteri Pertanian Kabinet Kerja, Amran Sulaiman YOGA SUKMANAMenteri Pertanian Kabinet Kerja, Amran Sulaiman
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 16,9 triliun dalam APBN-P 2015. Anggaran tersebut akan digunakan untuk menjalankan program demi mencapai swasembada pangan.

"Ada rencana kita minta Rp 16,9 triliun tentu itu untuk mencapai swasembada pangan," ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Namun, saat ditanya rincian anggaran tersebut Amran mengaku tak hafal betul rinciannya. Menurutnya, ada beberapa program yang menjadi prioritas seperti perbaikan irigasi serta menambah benih pupuk bagi petani. Lebih lanjut kata dia, dana perbaikan irigasi yang akan da di APBN-P sekitar Rp 2 triliun.

Sementara itu sisanya untuk pupuk, benih, dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Kementerian Pertanian kata dia juga menargetkan mampu memperbaiki 1 juta hektar irigasi dalam satu tahun. Daerah yang menjadi prioritasnya yaitu daerah lumbung pertanian seperti Jawa, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

"Jadi sudah mulai memperbaiki irigasi itu target kita 3 juta hektar dalam tiga tahun. Target hasil pangan tahun 2015 tambahan 73 juta ton per tahun dan mengejar untuk swasembada pangan," kata Amran.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.