Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi Target Swasembada, Kementan Minta Anggaran Rp 16,9 Triliun

Kompas.com - 15/01/2015, 07:24 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 16,9 triliun dalam APBN-P 2015. Anggaran tersebut akan digunakan untuk menjalankan program demi mencapai swasembada pangan.

"Ada rencana kita minta Rp 16,9 triliun tentu itu untuk mencapai swasembada pangan," ujar Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Namun, saat ditanya rincian anggaran tersebut Amran mengaku tak hafal betul rinciannya. Menurutnya, ada beberapa program yang menjadi prioritas seperti perbaikan irigasi serta menambah benih pupuk bagi petani. Lebih lanjut kata dia, dana perbaikan irigasi yang akan da di APBN-P sekitar Rp 2 triliun.

Sementara itu sisanya untuk pupuk, benih, dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Kementerian Pertanian kata dia juga menargetkan mampu memperbaiki 1 juta hektar irigasi dalam satu tahun. Daerah yang menjadi prioritasnya yaitu daerah lumbung pertanian seperti Jawa, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

"Jadi sudah mulai memperbaiki irigasi itu target kita 3 juta hektar dalam tiga tahun. Target hasil pangan tahun 2015 tambahan 73 juta ton per tahun dan mengejar untuk swasembada pangan," kata Amran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com