Kompas.com - 15/01/2015, 11:04 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium akan kembali turun. Menurut Presiden, perkiraan turunnya harga premium ialah ke angka Rp 6.400-6.500 per liter.

"Turun, bisa hari ini, bisa besok. Ruang fiskal aman," ujar Jokowi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Lebih lanjut, kata dia, turunnya harga BBM ini seiring dengan penurunan harga minyak dunia.

Sementara itu, terkait harga-harga kebutuhan pokok yang tak kunjung turun setelah penurunan harga BBM 1 Januari 2015 lalu, Jokowi tak terlalu bicara banyak. Meski begitu, dia memastikan bahwa pemerintah akan segera bergerak sehingga harga kebutuhan pokok bisa turun.

"Yang jelas, kita ingin kebutuhan pokok, sembako, dan lain-lain harus turun. Masa dari Rp 8.500 ke Rp 7.600 terus sekarang kira-kira Rp 6.400-Rp 6.500 (harga sembako tidak turun). Itu yang mau kita kejar-kejar," kata dia.

Sementara itu, Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, waktu pengumuman harga baru BBM kemungkinan ialah pada pekan ini. Meski begitu, pemerintah, kata dia, masih terus menghitung angka-angka tersebut.

Baca juga:
Harga BBM jenis Premium akan "Disesuaikan" 2 Minggu Sekali

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.