Badan Ekonomi Kreatif Dapat Kucuran Rp 1 Triliun

Kompas.com - 26/01/2015, 17:53 WIB
Triawan Munaf saat dilantik sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/1/2015). KOMPAS.com/Indra AkuntonoTriawan Munaf saat dilantik sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/1/2015).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (BEK) mendapat kucuran dana lebih dari Rp 1 triliun dari pemerintah. Dana sebesar itu akan digunakan untuk mematangkan susunan organisasi dan memulai sejumlah program yang akan digulirkan.

"Ada macam-macam program yang nanti bisa kita bicarakan lagi. Saya enggak hapal semua," kata Kepala BEK, Triawan Munaf, di Istana Negara, Senin (26/1/2015).

Triawan menuturkan, BEK dibentuk mulai dari nol dan saat ini belum memiliki kantor. Ia mengatakan, BEK akan membawahi 16 sub sektor di bidang kreatif seperti film, kuliner, fashion, kerajinan tangan, fotografi, game, arsitektur, komunikasi visual, animasi, seni rupa, radio dan lainnya.

Ayah penyanyi Sherina Munaf itu melanjutkan, masing-masing sub sektor harus saling mendukung sub sektor lainnya. Cara itu diambil agar kinerja di dalam BEK tidak kaku dan menghapus ego sektoral. Tapi untuk langkah awal, ia akan fokus pada rekrutmen enam deputi, pegawai, dan mencari kantor.

Ia berharap BEK yang berada langsung di bawah Presiden dapat memiliki pegawai yang dulu bertugas di Ditjen Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kelembagaan langsung ke Presiden? Langsung. Tidak di bawah kementerian. Jd salah kalau ad yg bilang ini di bawah kementerian. Ini langsung dibawah presiden dan setingkat menteri.

"Mencari kantor dan merekrut orang, karena ini dari nol. Sebaiknya dari yang lama untuk di sekretariat, tapi akan banyak sekali (pegawai) non-PNS nanti," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X