Jonan: Kemenhub Bakal Ambil Alih Pengelolaan Jembatan Timbang

Kompas.com - 28/01/2015, 14:01 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonanseusai mengikuti rapat koordinasi dua kementerian di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/10/2014). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESMenteri Perhubungan Ignasius Jonanseusai mengikuti rapat koordinasi dua kementerian di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/10/2014).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan Kementerian Perhubungan bakal mengambil alih pengelolaan jembatan timbang pada awal 2016.

Saat ini pengelolaan jembatan timbang dilakukan oleh Dinas Perhubungan di daerah-daerah. Jonan menjelaskan, Kementerian Perhubungan menginginkan agar ada standardisasi pada jembatan timbang di seluruh Indonesia.

"Menurut saya, sekarang dengan dikelola Dinas Perhubungan, tidak seragam. Ada yang jalan, ada yang tidak jalan, ada yang jalan dengan toleransi," ucap Jonan ditemui usai rapat kerja dengan Komisi V DPR-RI, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Lebih lanjut, mantan bos PT KAI (Persero) itu mengatakan jika jembatan timbang bisa dikelola lebih ketat, maka akan bisa menghindarkan terjadinya kecelakaan yang lebih besar. Selain itu, jika dikelola lebih ketat di bawah Kementerian Perhubungan, maka ketahanan jalan meningkat.

Dengan begitu, tidak banyak biaya perawatan yang dikeluarkan negara. "Yang kelebihan berat, tentunya tidak boleh jalan," imbuh Jonan.

Dia menargetkan, pengambilalihan kewenangan mengelola jembatan timbang dilakukan pada awal 2016. Jonan menambahkan, pengambil-alihan tidak bisa dilakukan tahun 2015 ini lantaran waktunya yang terlalu mepet.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X