Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan: Kemenhub Bakal Ambil Alih Pengelolaan Jembatan Timbang

Kompas.com - 28/01/2015, 14:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan Kementerian Perhubungan bakal mengambil alih pengelolaan jembatan timbang pada awal 2016.

Saat ini pengelolaan jembatan timbang dilakukan oleh Dinas Perhubungan di daerah-daerah. Jonan menjelaskan, Kementerian Perhubungan menginginkan agar ada standardisasi pada jembatan timbang di seluruh Indonesia.

"Menurut saya, sekarang dengan dikelola Dinas Perhubungan, tidak seragam. Ada yang jalan, ada yang tidak jalan, ada yang jalan dengan toleransi," ucap Jonan ditemui usai rapat kerja dengan Komisi V DPR-RI, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Lebih lanjut, mantan bos PT KAI (Persero) itu mengatakan jika jembatan timbang bisa dikelola lebih ketat, maka akan bisa menghindarkan terjadinya kecelakaan yang lebih besar. Selain itu, jika dikelola lebih ketat di bawah Kementerian Perhubungan, maka ketahanan jalan meningkat.

Dengan begitu, tidak banyak biaya perawatan yang dikeluarkan negara. "Yang kelebihan berat, tentunya tidak boleh jalan," imbuh Jonan.

Dia menargetkan, pengambilalihan kewenangan mengelola jembatan timbang dilakukan pada awal 2016. Jonan menambahkan, pengambil-alihan tidak bisa dilakukan tahun 2015 ini lantaran waktunya yang terlalu mepet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com