Hari Ke-35 Jokowi-JK: "Mimpi" Tol Laut, Jembatan Selat Sunda Dibatalkan

Kompas.com - 29/01/2015, 14:15 WIB
Posisi pelabuhan dalam skema tol laut terhadap catatan sejarah kejadian tsunami di Indonesia. Abdul MuhariPosisi pelabuhan dalam skema tol laut terhadap catatan sejarah kejadian tsunami di Indonesia.
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Mimpi Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam visi kemaritiman, yang salah satunya tentang tol laut, kini menunggu realisasi. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah merancang konsep tol laut tersebut. Setidaknya, hampir Rp 700 triliun yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.  ("Mimpi" Tol Laut Jokowi Seharga Rp 700 Triliun)

Di sisi lain, proyek senilai ratusan triliun rupiah untuk menghubungkan Jawa-Sumatera, yakni Jembatan Selat Sunda (JSS) justru santer dikabarkan dibatalkan oleh Jokowi. Nama proyek JSS pun tak tertera di dalam draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN 2015-2019. (Tak Ada dalam Draf RPJMN, Jembatan Selat Sunda Batal?)

Meski demikian, konektivitas Jawa-Sumatera tetap harus ditingkatkan. Apa yang disiapkan pemerintah Jokowi bila Jembatan Selat Sunda dibatalkan? (Jika Jembatan Selat Sunda Batal Dibangun, Ini Gantinya dari Jokowi).



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X