Suhu Politik Masih Panas, Rupiah Melorot ke Level 12.600 Per Dollar AS

Kompas.com - 30/01/2015, 09:10 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada Jumat (30/1/2015) pagi kembali terpuruk, hingga menembus 12.600.

Menurut data Bloomberg pukul 08.53 WIB, mata uang garuda melorot ke posisi 12.616 per dollar AS dibanding penutupan kemarin di level 12.582.

Kembali naiknya indeks dollar AS menekan posisi mata uang garuda. Indeks dollar AS kembali naik setelah jobless claims AS diumumkan turun semalam waktu Indonesia. Penguatan indeks dollar AS ini bersamaan dengan naiknya imbal hasil US Treasury serta Indeks S&P 500.

Pada saat bersamaan, walaupun beberapa data di zona euro membaik, mata uang euro tetap melanjutkan tren pelemahannya. Inflasi zona euro dan GDP AS adalah yang paling ditunggu hari ini.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, keduanya diperkirakan lebih rendah dari sebelumnya. Merespons hasil FOMC Meeting dini hari kemarin, dollar AS menguat di Asia. Rupiah melemah tajam bersama dengan pelemahan IHSG walaupun hanya tipis.

Pemerintah dan DPR akhirnya menyepakati asumsi APBN 2015 dalam kondisi tidak ada kejutan berarti. Sementara itu, panasnya kondisi politik masih belum akan mereda; Joko Widodo bertemu dengan Prabowo, sementara Budi Gunawan menolak panggilan KPK.

Fokus investor akan perlahan beralih pada angka inflasi (diperkirakan turun ke 7,25 persen secara tahunan), dan neraca perdagangan (diperkirakan surplus tipis), yang akan diumumkan pada Senin (2/2/2015).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rupiah diperkirakan masih berada dalam tekanan pelemahan hari ini," demikian riset Samuel Sekuritas Indonesia, pagi ini.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.