Takut Ditenggelamkan, Empat Kapal "Ngacir" ke Taiwan dan Tiongkok

Kompas.com - 30/01/2015, 13:59 WIB
Monitor satelit Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan ada 3 kapal yang berada di Tiongkok dan 1 kapal di Taiwan, Jumat (30/1/2015) KOMPAS.com/ Yoga SukmanaMonitor satelit Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan ada 3 kapal yang berada di Tiongkok dan 1 kapal di Taiwan, Jumat (30/1/2015)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapati 4 kapal yang diduga pelaku illegal fishing melarikan diri ke Tiongkok dan Taiwan.

Susi menuturkan, kapal-kapal itu melarikan diri lantaran takut ditenggelamkan oleh aparat Indonesia. "Ada kapal yang terdaftar di kita tapi sekarang sedang ngumpet di Taiwan," ujar Susi saat berbincang di Kantor KKP, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Susi mengatakan, berdasarkan monitor yang berada di ruangannya, keempat kapal itu diketahui berada di Taiwan dan Tiongkok. Layar itu mampu menampilkan semua kapal-kapal yang sudah terdaftar dengan teknologi data satelit.

Dari monitor itu terlihat ada 4 kapal yang terdeteksi meninggalkan Indonesia. Kapal Garuda Jaya III yang berada di sekitar Hongkong, Kapal Dofior dan Fu Yuan Yu di sekitar Fujian Tiongkok serta 1 kapal tidak bernama di Taiwan.

Susi memastikan bahwa keempat kapal itu biasanya beroperasi di laut Indonesia. Hal itu diketahui karena kapal-kapal itu sudah terdaftar di Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X