Dapat PMN Setriliun, ASDP Fokus Tunjang Tol Laut Jokowi

Kompas.com - 30/01/2015, 20:43 WIB
Ilustrasi: kapal ferry Alfian KartonoIlustrasi: kapal ferry
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry mendapatkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar setriliun rupiah dalam RAPBN-P 2015. Direktur Utama ASDP Danang Baskoro mengatakan, dana itu akan digunakan untuk menunjang konsep tol laut Jokowi yaitu menyelesaikan dermaga di pelabuhan Merak dan pengadaan dua kapal. "Dermaga VI sudah dilakukan sebagian oleh Kemenhub. Sisanya dilanjutkan ASDP. Makanya PMN ini sebagian untuk dermaga VI," ujar Danang di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Lebih lanjut kata dia, alasan mengapa dana PMN digunakan untuk membangun dermaga di pelabuhan merak karena pemerintah ingin adanya konektivitas lebih baik di Jawa-Sumatera atau sebaliknya. Ketimbang Indonesia timur kata dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia barat lebih mampu menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia barat selalu di atas rata-rata pertumbuhan nasional. "Kalau ekonomi Indonesia 5,6-5,8 persen rata-rata nasional. Yang paling besar pertumbuhan ada di barat di Jawa, Bali, Sumatera bisa 7-8 persen. Tapi NTT dan Papua itu rata-rata 5,6 persen. Inilah yang akan menunjang ekonomi," kata dia.

Selain membangun Dermaga, ASDP juga akan gunakan untuk pengadaan dua unit kapal ferry ro-ro (roll on/roll off)  berkapasitas 5.000 gross ton (GT)  dengan investasi Rp 400 miliar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X