Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung Ditargetkan Rampung 2018

Kompas.com - 03/02/2015, 20:59 WIB
Menteri Koordinator Maritim, Indroyono Soesilo. Stefanno Reinard SulaimanMenteri Koordinator Maritim, Indroyono Soesilo.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan proyek pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara akan rampung pada 2018. Pelabuhan itu nantinya akan menjadi salah satu pelabuhan terbesar yang menyokong proyek tol laut yang digagas Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Target 2018 sudah jalan dengan kapasitas 400 ribu TEUs," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo usai bertemu pimpinan DPR di Kompleks Parlemen, Selasa (3/2/2015).

Indroyono menjelaskan, Pelabuhan Kuala Tanjung nantinya akan bertugas untuk mendukung kegiatan operasional Pelabuhan Belawan, Medan dan terintegrasi dengan Kawasan Industri Sei Mangkei, Sumatera Utara.

Untuk menyokong tranportasi menuju pelabuhan, pemerintah berencana membangun jalan tol serta jalur kereta api yang langsung terintegrasi dengan pelabuhan. Di samping itu, untuk menyuplai kebutuhan listrik yang diperlukan, pemerintah berencana akan membangun pembangkit listrik di Asahan.

"Kita juga akan mendorong industri galangan kapal di sana agar semakin berkembang," ujarnya.

Pemerintah menargetkan pembangunan 24 pelabuhan termasuk lima pelabuhan laut dalam (deep sea port) hingga 2019.

Saat ini, pembangunan empat pelabuhan laut dalam (deep sea port) yaitu di Kuala Tanjung (Medan), Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), dan Makassar (Makassar) sudah mulai dibangun. Sementara Pelabuhan Sorong (Papua Barat) baru akan memasuki tahap studi kelayakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.