Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kebobolan, BKPM Gaet Lembaga Sandi Negara

Kompas.com - 09/02/2015, 13:38 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan kerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) perihal pengamanan sistem informasi. Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, kerja sama ini untuk memberikan perlindungan data.

"Kerjasama dengan Lemsaneg ini sangat penting untuk memberikan perlindungan keamanan data, terutama dokumen investor yang di-submit untuk perizinan," jelas Franky di kantornya, Jakarta Senin (9/2/2015).

Menurut dia, kerja sama ini dilakukan menyusul tingginya frekuensi permintaan perizinan sejak dibukanya sistem pengajuan izin online pada 15-16 Desember tahun lalu. "Ke depan, dengan adanya PTSP Pusat, frekuensi transaksi data dalam rangka penerbitan perizinan dan non perizinan akan semakin tinggi," lanjut Franky.

Kepala Lemsaneg, Djoko Setiadi mengatakan kerja sama dilakukan di bidang sumber daya manusia dan perlindungan keamanan sistem informasi.

"Ke depan, nota kesepamahan ini akan diaktualisasikan melalui beberapa perjanjian kerjasama teknis seperti kerja sama teknis bidang sumber daya manusia dan kerjasama teknis bidang perlindungan keamanan sistem informasi," kata Djoko.

Berdasarkan siaran pers BKPM, saat ini Lemsaneg sudah menugaskan lima pegawainya di PTSP pusat untuk membantu pengamanan data dan sistem informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com