Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Agraria: Kepala Daerah Tak Keberatan PBB Dihapus

Kompas.com - 13/02/2015, 20:18 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan mengklaim kepala daerah yang ia temui sejauh ini tidak memberikan respon negatif atas rencana penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Kalau saya ketemu Pemda, Mereka baik-baik saja tuh. Tidak ada masalah," kata dia ditemui di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

"Karena komitmennya saya bilang, ngapain kampanye memberikan pendidikan gratis, kesehatan gratis, tapi kalau mengurangi beban masyarakat yang tidak mampu bayar BPP tidak mau. Itu (kepala daerah) bohong namanya. Kamuflase," jelas dia lagi.

Menurut dia, Pemda masih bisa mengambil pajak dari sumber lain, di luar PBB rumah hunian, seperti pertokoan, hotel, restoran, perkebunan, dan lahan komersial lain.

Awal pekan ini Ferry menyampaikan dia telah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo terkait rencana penghapusan PBB tersebut. Namun, dia enggak membeberkan respon yang diberikan Jokowi.

"Saya sudah ngobrol (dengan Presiden). Nanti, tunggu. Ini kan berjalan. Ini kebijakan yang tidak tergesa-gesa, karena dia harus masuk di anggaran, sehingga paling cepat baru bisa 2016," pungkas Ferry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com