Ini Proyek-proyek yang Didanai Sukuk Ritel SR-007

Kompas.com - 20/02/2015, 13:21 WIB
Ilustrasi KONTAN/BAIHAKIIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah menerbitkan Sukuk Negara Ritel Seri SR-007. Untuk apa saja dana yang diperoleh tersebut?

Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan, Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 akan digunakan juga salah satunya sebagai alternatif pembiayaan APBN. Sebagaimana diketahui target defisit APBN dalam APBNP 2015 ditetapkan 1,9 persen dibanding Produk Domestik Bruto.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah memperluas basis investor, salah satunya melalui penerbitan Sukuk Negara Ritel Seri SR-007.

Direktur Pembiayaan Syariah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan, Suminto menyatakan, Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 akan diperuntukkan bagi pendanaan proyek.

“Diterbitkan sebesar Rp 7,1 triliun, tersebar di tiga Kementerian, yakni Kemnterian PU-Pera, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Agama,” kata Suminto, Jumat (20/2/2015).

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan memperoleh dana Rp 20 triliun dari penerbitan Sukuk Negara Ritel Seri SR-007. Dari hasil penjajakan para agen dengan investor jumlah penawaran yang masuk sudah mengalami oversubscribe, mencapai Rp 37 triliun.

Suminto menejelaskan, di Kementerian PU-Pera, dana yang diperoleh dari penerbitan Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 akan digunakan untuk pembangunan serta perluasan jalan. Adapun di Kementerian Perhubungan, dana tersebut akan digunakan membiayai diantaranya proyek double-track, dan revitalisasi Bandara Kualanamu.

“Di Kementerian Agama, dana akan digunakan untuk revitalisasi asrama haji, revitalisasi Perguruan Tinggi Islam, juga revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di berbagai kota,” ujar Suminto.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X