Dirut Mandiri Sambut Baik Penundaan Aturan Dirjen Pajak

Kompas.com - 20/02/2015, 16:41 WIB
DIrut Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin TRIBUNNEWS/HERUDIN DIrut Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Sadikin menyambut baik keputusan Kementerian Keuangan menunda penerapan Peraturan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Nomor PER-01/PJ/2015 tentang Penyerahan Bukti Potong Pajak atas Bunga Deposito. Budi pun bersyukur atas keputusan itu.

"Alhamdullillah sudah ditarik sementara ya," ujar Budi Sadikin kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (20/2/2015).

Lebih lanjut kata Budi, dirinya menilai kebijakan itu dari sisi capital flight. Bukan dari sisi pelanggaran Undang-undang Perbankan. "Saya lebih melihatnya akan membuat perpindahan dana ke luar negeri lebih banyak, padahal kita butuh dana tsb utk pembangunan indonesia," kata dia.

Sementara itu, saat ditanya apakah para nasabah Mandiri benar resah dengan adanya peraturan itu, dia menjawab diangkat. "Saya rasa semua nasabah besar di semua bank sama (Khawatir)," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan akan menunda penerapan Peraturan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Nomor PER-01/PJ/2015 tentang Penyerahan Bukti Potong Pajak atas Bunga Deposito. Peraturan yang sedianya berlaku mulai 1 Maret 2015 itu ditunda tanpa batas waktu. "Saya tegaskan, peraturan Dirjen Pajak itu tidak diberlakukan dulu," tandas Bambang Soemantri Brodjonegoro Menteri Keuangan, di kantornya, Rabu (18/2/2015).

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak akan mengeluarkan payung hukum baru tentang penundaan aturan itu. "Kami memang belum sepenuhnya siap menjalankan peraturan itu," kata Sigit Priadi Pramudito, Direktur Jenderal Pajak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X