Kompas.com - 25/02/2015, 17:01 WIB
EditorJosephus Primus


KOMPAS.com - Sepanjang 2014 silam, ongkos operasional maskapai penerbangan Air Asia X melambung. Lantaran itulah, maskapai penerbangan yang berbasis di Malaysia itu limbung.

Menurut warta laman bangkokpost.com pada Rabu (25/2/2015), selain ongkos tersebut, Air Asia X juga terbebani oleh melemahnya nilai tukar ringgit terhadap dollar AS. Lantaran itulah, catatan keuangan maskapai itu menunjukkan penurunan pendapatan setelah pajak menjadi 519,3 juta ringgit atau setara dengan 143,5 juta dollar AS.

Penurunan pendapatan itu nyaris enam kali lebih tinggi ketimbang penurunan 88,3 juta ringgit pada 2013. Waktu itu, Malaysia Air Asia ikut berafiliasi ke perusahaan.

Catatan dari perusahaan milik taipan Tony Fernades itu juga menunjukkan pendapatan perusahaan pada 2014 naik 27,3 persen menjadi 2,9 miliar ringgit dibandingkan tahun sebelumnya yang menyentuh angka 2,3 miliar ringgit. Namun begitu, biaya operasional naik 44,8 persen pada 2014 menjadi 3,3 miliar ringit.

Melemahnya mata uang ringgit terhadap dollar AS juga menggerus keuangan Air Asia X. Soalnya, perusahaan mesti membayar ongkos lindung nilai bahan bakar dengan mata uang dollar AS. "Perusahaan kami tengah menghadapi tantangan kesulitan di industri penerbangan,"demikian pernyataan perusahaan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.