Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Kembali Dekati 13.000 Per Dollar AS, Kadin Khawatir

Kompas.com - 25/02/2015, 21:32 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengkhawatirkan penurunan rupiah belakangan ini. Apabila nilai tukar tembus Rp 13.000 per dollar AS, maka dunia usaha, kata dia, akan terkena dampaknya.

"Pengusaha yang impor akan berat, yang punya pinjaman dollar juga. Bagaimana kalau rupiah melemah terus," kata Suryo di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Menurut dia, pemerintah harus segera melakukan berbagai kebijakan yang tepat. Sebab, apabila situasi nilai tukar terus melemah, maka iklim usaha pasti terganggu. "Dalam situsi ini, (pemerintah) jaga iklim usaha, jangan sampai terganggu," kata dia.

Bagi dia, nilai tukar yang stabil akan jauh lebih baik bagi perkembangan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, dia meminta agar pemerintah segera bergerak agar dunia usaha tidak terganggu.

Selain itu, Suryo juga memperhatikan bagaimana pemerintah mengambil berbagai kebijakan dalam dunia usaha. Salah satu yang menjadi fokus perhatian dia adalah kebijakan pelarangan penjualan minuman keras.

"Misalnya miras, di Bali, turis gimana kalau tidak ada miras. Dampaknya pada pariwisata. Pandailah atur kebijakan sehingga arus investasi yang deras masuk," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com