Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga CPO Anjlok tetapi Harga Minyak Goreng Naik, Ada Apa?

Kompas.com - 26/02/2015, 13:25 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah mempertanyakan harga minyak goreng yang tak turun, ketika harga minyak kelapa sawit mentah atau CPO sedang anjlok. Deputi Bidang Koordinator Pangan dan Sumber Daya Hayati Kemenko Perekonomian, Bambang Adi Winarso mengatakan, harga minyak goreng seharusnya turun saat ini. Yang terjadi justru tidak ada perubahan harga, bahkan sempat mengalami kenaikan.

"Mohon kepada anggota GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), agar segera menurunkan harga minyak goreng, dan jangan sampai muncul tuduhan kartel," ujarnya saat Pembinaan MUNAS GAPKI, Kamis (26/2/2015).

Menanggapi permintaan itu, Sekjen GAPKI Joko Supriyanto mengungkapkan bahwa tak ada praktik kartel di antara anggota GAPKI. Justru yang terjadi saat ini adalah persaingan yang ketat di antara para produsen minyak goreng.

"Pasar di Indonesia cukup ketat, dengan jumlah pemain di sektor ini cukup banyak. Jadi kami pastikan tak ada praktik kartel harga minyak goreng," ujarnya.

Menurut dia, ada jeda waktu (time lag) untuk menurunkan harga minyak goreng, dan tidak serta merta harga tersebut turun seiring dengan melemahnya harga CPO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com