Pemerintah Segera Musnahkan Dua Kontainer Berisi Apel Berbakteri Asal AS

Kompas.com - 04/03/2015, 06:18 WIB
Petugas menunjukkan dua jenis apel, Grany Smith dan Royal Gala, yang diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogene.  KOMPAS.com/Ika FitrianaPetugas menunjukkan dua jenis apel, Grany Smith dan Royal Gala, yang diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogene.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemerintah memastikan akan segera memusnahkan apel impor asal Amerika Serikat yang ditemukan di Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 2 kontainer pada bulan lalu. Sebab, setelah dicek, apel tersebut merupakan apel berbakteri.

Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpini mengatakan bahwa kedua kontainer itu saat ini masih berada di Pelabuhan Tanjung Priok. Kementan akan segera mengeksekusi pemusnahan apel berjenis Gala, American Delicious, dan Fuji itu.

"Saat ini dua kontainer berisi apel itu sedang disiapkan untuk dimusnahkan," ujar Banun saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/3/2015) malam.

Namun, saat ditanya lebih jauh terkait kapan waktu eksekusi dua kontainer berisi apel itu dilakukan, Banun menjawab dengan singkat. "Secepatnya," kata dia.

Sementara itu, saat dihubungi terpisah, Direktur Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan (Kemendag) Widodo mengatakan bahwa pemusnahan barang yang tak sesuai dengan standar itu pasti akan dilakukan. Namun, dia mengaku belum tahu pasti kapan pemusnahan itu akan dilakukan.

"Biasanya kalau temuan seperti itu pasti dimusnahkan. Tapi saya cek dulu," kata Widodo.

Pemusnahan barang, kata Widodo, bukanlah hal yang jarang terjadi. Bahkan, untuk barang yang sudah beredar dipasar dan ditemukan tak sesuai standar maka akan segera ditindak.

Sebelumnya, Balai Karantina Pertanian Pelabuhan Tanjung Priok menemukan dua peti kemas impor berisi apel berbakteri. Hal itu diketahui setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium dan apel dalam dua kontainer itu positif mengandung bakteri lysteria monocitogenes.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X