Rupiah Makin Tenggelam, BI Bilang Tak Perlu Khawatir

Kompas.com - 05/03/2015, 14:44 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan tidak perlu khawatir terhadap pelemahan nilai tukar rupiah yang melorot hingga menyentuh level Rp 13.000 per dollar AS.

Menurut dia, pelemahan tersebut dikarenakan adanya dinamika di luar negeri. "Soal pelemahan rupiah,itu karena dinamika yang ada di luar negeri. Namun, secara umum rupiah dalam keadaan baik, kemudian BI akan selalu ada di pasar untuk menjaga volatilitas (tingkat risiko)," kata Agus dalam acara Penandatanganan MoU antara Bank Indonesia dengan PPATK mengenai Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU/PPT), di Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Agus menambahkan, pelemahan terhadap rupiah saat ini sudah diperkirakan Bank Indonesia sebelumnya. Menurut dia, pelemahan ini tidak akan berlangsung lama. "Secara umum rupiah kita mencerminkan kondisi ekonomi kita. Kita perlu melihat kalau ada kondisi pelemahan Rupiah itu sifatnya hanya sementara dan secara umum volatilitas masih akan dijaga BI," jelas Agus.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2014, tingkat volatilitas Indonesia berada di bawah 10 persen. Kemudian, menurut Agus, tingkat tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Level 10 persen itu di bawah dari target kita. Tapi kalau kita melihat negara-negara lain volatilitas Indonesia lebih baik. Target tahun ini tidak bisa saya beri tahu berapa, tapi pada saat ini tidak lebih dari 10 persen," lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.