Menteri Susi Tagih Janji Pengusaha untuk Turunkan Harga Pakan Ikan

Kompas.com - 05/03/2015, 17:43 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menagih janji para pengusaha pakan ikan yang mengatakan akan menurunkan harga pakan sebesar Rp 1.000 per kg. Padahal, seminggu yang lalu para pengusaha itu berjanji akan kepada Susi.

"Hari ini dapat kabar bahwa harga pakan belum turun, padahal seminggu lalu sudah kumpul dengan asosiasi pakan berjanji menurunkan harga Rp 1.000 di Maret," ujar Susi di Kantor KKP, Jakarta, Kamis (5/4/2015).

Berdasarkan pengamatan KKP di lapangan, harga pakan saat ini masih Rp 9.000 per kg. Menurut Susi, harga itu sangat memberatkan pembudidaya ikan, karena biaya pakan menyumbang 80 persen dari biaya produksi.

"Sangat berat, karena pembudidaya hanya untung 20 persen sementara biaya pakan itu 80 persen dari biaya produksi," kata Susi.

Meski harga pakan belum turun, Susi mengaku tak bisa memaksa pengusaha menurunkan harga pakan. Namun kata dia, saat ini sudah banyak pembudidaya ikan yang mandiri dan menggunakan pakan sendiri. Oleh karena itu, apabila harga pakan tak turun, Susi yakin para pengusaha pakan akan terlindas oleh kemandirian petani budidaya ikan.

"Kita tidak bisa matok harga, petani budidaya itu harus untung 30-40 persen," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.