Sepanjang 2014, BCA Cetak Laba Bersih Sebesar Rp 16,5 Triliun

Kompas.com - 05/03/2015, 19:05 WIB
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja TRIBUNNEWS/HERUDIN Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraup laba bersih sebesar Rp 16,5 triliun atau naik sebesar 15,7 persen jika dibandingkan dengan tahun 2013 sebesar Rp 14,3 triliun.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja menuturkan, pencapaian ini ditopang oleh kualitas portofolio kredit, pendanaan yang solid, efisiensi operasional yang terjaga, serta kontribusi laba dari perusahaan anak.

"Kami melaporkan bahwa BCA kembali meraih hasil kinerja keuangan yang solid pada tahun 2014 dengan tetap menjaga likuiditas dan kualitas aset, serta terus memberikan layanan terbaik bagi para nasabah kami," kata ujar Jahja Setiaatmadja dalam Paparan Hasil Kinerja tahun 2014, di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Pendapatan bunga bersih (nett interest income) BCA sepanjang tahun lalu mencapai Rp 32 triliun atau naik 21,2 persen. Untuk pendapatan operasional lainnya meningkat 13,5 persen menjadi Rp 9 triliun.

"BCA mengambil langkah yang berhati-hati dalam penyaluran kredit, hal tersebut tecermin dari rasio kredit bermasalah (NPL) yang rendah sebesar 0,6%," jelas Jahja.

Sementara untuk penyaluran kredit, BCA sepanjang 2014 mencatat sebesar Rp 34,3 triliun atau tumbuh 11 persen, sehingga outstanding kredit menjadi Rp 346,6 triliun pada 31 Desember 2014.

Sektor yang menyumbang pertumbuhan kredit adalah kredit investasi dan modal kerja yang disalurkan ke segmen korporasi, komersial, dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk pertumbuhan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tumbuh 3,2 persen menjadi Rp 54,7 triliun dengan pertumbuhan terutama terjadi pada kuartal keempat tahun 2014.

Menurut, Jahja kontribusi laba dari perusahaan anak terhadap pertumbuhan tahun 2014, paling besar ada pada anak perusahaan, BCA Finance. "Saya kira terbesar dari BCA Finance dengan profit Rp 1 triliun, lalu ada sekuritas, general asuransi umum, syariah, dan pembiayaan roda dua, sama life insurance yang masih baru. Total kontribusi ke labanya 8-9 persen," jelas Jahja.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.