Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Bank Mandiri Fokus Buka Cabang di Singapura dan Malaysia

Kompas.com - 06/03/2015, 17:43 WIB
Stefanno Reinard Sulaiman

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri, Pahala Mansury mengatakan saat ini pihaknya sedang fokus mengembangkan cabang di Singapura dan Malaysia. Menurut dia saat ini masih dalam tahap negosiasi dengan kedua negara tersebut.

"Saat ini Bank Mandiri fokus pada pengembangan keberadaan cabang di Singapura dan Malaysia. Khusus untuk Malaysia, kita sudah menerima akan ada beberapa kemudahan tambahan, tapi perlu dibicarakan lagi dengan Bank Negara Malaysia, apa yang dimaksud dengan kemudahan itu. Bentuknya seperti apa dan berapa yang bisa dibuka," kata Pahala di Kantornya, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Menurut Pahala, nantinya di kedua negara tersebut cabang Bank Mandiri akan diberikan perlakuan seperti layaknya bank lokal.

"Nantinya diharapkan mereka mensyaratkan bentuknya anak perusahaan dengan perlakuan seperti bank lokal. Kita harapkan ini sejalan dengan penerapan QAB atau Qualified Asian Bank," jelas Pahala.

Sebelumnya, menurut Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mulya Siregar, Indonesia telah menyepakati Asian Banking Integration Framework (ABIF) sejak akhir tahun 2014 lalu. Dalam peraturan tersebut dikatakan bahwa setiap bank QAB dalam ASEAN yang akan membuka subsidiary bank atau cabang harus membuka diri juga untuk negara lain yang menjadi sasaran ekspansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com