Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos: Stok Raskin Aman

Kompas.com - 07/03/2015, 18:10 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis


DEMAK, KOMPAS.com - Pemerintah menjamin stok beras miskin (raskin) untuk rumah tangga sasaran cukup hingga bulan Desember 2015 mendatang. Hal itu seiring adanya panen raya di sejumlah daerah pada bulan Maret ini sehingga Bulog bisa melakukan pengadaan raskin.

"Kita jamin raskin aman sampai Desember nanti," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, seusai melakukan kunjungan kerja di Rumah Sakit Islam NU, Sabtu (7/3/2015).

Pemerintah, lanjut Khofifah, wajib membayar stok raskin selama satu tahun melalui APBN, baik yang sudah dibeli maupun yang belum.

"Pemerintah telah membayar sebesar Rp 9,5 triliun untuk pengadaan raskin sampai bulan Juli mendatang. Stok raskin saat ini pada posisi 1,4 juta ton, sementara kebutuhan raskin secara nasional 2,78 juta ton. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir," tambah Khofifah.

Sementara itu, terkait banyak ditemukannya kualitas raskin yang masih di bawah standar, Khofifah mengatakan bahwa penerima raskin dapat mengembalikannya ke masing-masing gudang Bulog di Drive maupun Sub Drive setempat.

"Kata Dirut Bulog, kalau raskin yang diterima jelek, boleh dikembalikan. Dikembalikan itu maksudnya ya minta ganti yang baru," tandas Khofifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com