20.000 Agen "Branchless Banking" BRI Siap Layani Usaha Mikro

Kompas.com - 11/03/2015, 11:03 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaku usaha mikro yang tersebar di pelosok kini semakin mudah menjangkau layanan keuangan. Sebab, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. telah memiliki 20.000 agen branchless banking yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Asmawi Syam yakin, layanan bank tanpa kantor ini menjadi salah satu jawaban untuk tantangan keterbatasan akses keuangan. Layanan branchless banking ini juga telah didukung oleh Bank Indonesia, di samping Layanan Keuangan Digital (LKD).

“Ini adalah solusi untuk mengatasi keterbatasan jaringan kerja konvensional. Kini, BRI telah membuka 20.000 agen, dari rencana 2015 sebanyak 35.000agen,” kata dia dalam Microfinance Forum 2015 diselenggarakan Harian Kompas dan BRI, Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Asmawi mengatakan, dengan adanya agen ini, lembaga keuangan seperti BRI bisa menjangkau daerah-daerah remote untuk pembiayaan mikro (micro-financing).

Asmawi menjelaskan, saat ini terdapat sekitar 70.000 desa terpencil yang masih membutuhkan akses ke lembaga keuangan. Dia bilang, satu agen branchless banking di BRI bisa melayani dua desa terpencil. Sehingga, BRI menargetkan pada tahun ini sebanyak 35.000 agen.

“Sehingga kita bisa menjangkau seluruh remote area,” kata dia.

Asmawi mengatakan, pemahaman micro-finance berangkat dari keinginan untuk memberdayakan masyarakat grass root yang berusia produktif namun tidak memiliki akses keuangan dan ketrampilan. Akibatnya, mereka justru terjebak dalam kemiskinan.

Dia menuturkan, ada sejumlah hal yang mendukung keberhasilan micro-finance. Pertama adalah keterjangkauan masyarakat, dan kedua adalah keberlanjutan lembaga keuangan mikro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.