Pemerintah Permudah Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual untuk UMKM

Kompas.com - 12/03/2015, 14:34 WIB
Ilustrasi: Produk UMKM dari Kota Malang, Jawa Timur. KOMPAS/DAHLIA IRAWATIIlustrasi: Produk UMKM dari Kota Malang, Jawa Timur.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menghindari penjiplakan usaha, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) kini mempermudah pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Menurut, Menteri Koperasi dan UKM, A.A.G. Puspayoga, sekarang pendaftaran HAKI tidak perlu lagi dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM, namun bisa langsung di Kemenkop dan UKM.

"Para pelaku usaha sering mengeluhkan ketika melakukan pameran di dalam atau luar negeri sering dijiplak. Oleh karena itu sekarang produk UKM bisa dikeluarkan hanya di Kemenkop dan UKM," jelas Puspayoga dalam acara Penghargaan Wirausaha Mandiri 2014, di Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Puspayoga juga memastikan izin usaha UKM bisa langsung dikeluarkan oleh kecamatan dan tidak akan dipungut biaya sepeserpun. "Nanti 30 menit hingga 1 jam izin UKM bisa langsung didapat," jelas Puspayoga.

Terkait dengan pengembangan industri koperasi, Kemenkop dan UKM mempermudah jalannya subsidi pupuk ke Koperasi Unit Daerah (KUD). "Kami sudah lakukan program koordinasi ke kementerian. Hingga saat ini pupuk subsidi bisa disalurkan langsung ke KUD," kata Puspayoga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X