Di Indonesia, Baru Maskapai Garuda yang Penuhi Standar Keselamatan Global

Kompas.com - 12/03/2015, 16:15 WIB
Ilustrasi Garuda Indonesia Garuda IndonesiaIlustrasi Garuda Indonesia
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — The International Air Transportation Association (IATA) atau Asosiasi Penerbangan Internasional menyatakan, dari 62 maskapai di Indonesia, baru Garuda Indonesia yang memiliki sertifikat keselamatan dari IATA Operational Safety Audit (IOSA).

"IOSA adalah standar global dan merupakan upaya kami untuk meningkatkan keamanan. Namun, dari 62 maskapai di Indonesia yang berjadwal atau penerbangan carter, hanya Garuda yang memiliki registrasi IOSA," ujar Director General dan CEO IATA Tony Tyler di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Tony membeberkan beberapa data terkait angka keselamatan maskapai yang sudah memenuhi IOSA dan yang tidak. Menurut dia, hanya satu kecelakaan terjadi dari 900.000 penerbangan maskapai yang sudah memenuhi IOSA.

Sementara itu, statistik maskapai yang tak memiliki IOSA menunjukkan satu kecelakaan terjadi dari 300.000 penerbangan. Berdasarkan data itu, dia mengatakan bahwa keamanan maskapai yang sudah memenuhi standar IATA bisa dibilang lebih baik.

Oleh karena itu, IATA pun mendorong agar maskapai lain di Indonesia yang belum menerapkan standar keselamatan internasional segera mengikuti jejak Garuda. Menurut Tony, saat ini pemilik IOSA tidak harus selalu menjadi anggota IATA.

Terkait dorongan IATA dan Kementerian Perhubungan agar semua maskapai di Indonesia memenuhi standar IOSA, Presiden Direktur Indonesia AirAsia Sunu Widyatmoko mengatakan bahwa pihaknya masih akan pikir-pikir.

"Saat ini, kami belum ada pembicaraan (mengenai IOSA). Kami belajar dengan yang lalu. Kami harus kaji dulu regulasi, kan ada standar minimum," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X