Buffet Berpesan kepada CEO Penerusnya agar Jangan Mengeluh soal Gaji

Kompas.com - 16/03/2015, 09:36 WIB
Warren Buffet Warren Buffet
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Orang terkaya kedua dunia, Warren Buffet, memberi pesan bagi orang yang nantinya akan menggantikan posisinya sebagai chief executive officer (CEO) Berkshire Hathaway. Pesan pertama Buffett bagi bos berikutnya ialah, Anda akan sangat kaya, jadi jangan mengeluh tentang gaji.

Buffett, yang kini berusia 84 tahun, menerima gaji pokok 100.000 dollar AS (tepatnya 139.260 dollar AS) pada tahun lalu. Menurut Wall Street Journal, total gaji dan kompensasi Buffett tahun lalu ialah 464.011dollar AS, lebih rendah 4,4 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam surat perusahaan basis Nebraska-Omaha ini, pada regulator bursa, Buffett mengatakan, CEO berikutnya harus menghindari diri dari rasa tamak. Dia akan menyerahkan pengawasan CEO baru nantinya kepada putranya, Howard Bufett, yang kini menjadi non-executive Chairman.

"Perilaku CEO memiliki dampak besar bagi manajer di bawahnya. Jika mereka mengerti bahwa kepentingan pemegang saham adalah yang terpenting, dia bisa menampung pemikiran mereka," kata Buffett dalam surat tertulisnya, seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (14/3/2015).

Pesan kedua pemilik aset 70 miliar dollar AS ini adalah CEO harus berbaik hati memberi gaji, termasuk dengan memberikan opsi saham, juga memberikan penghargaan untuk pertumbuhan yang dicetak unit tertentu atau anak usahanya.

Gregg Abel, Chairman dan CEO Berkshire Hathaway Energy, menerima 27,6 juta dollar AS sepanjang tahun lalu, termasuk bonus tunai 11,5 juta dollar AS dan insentif non-ekuitas 12 juta dollar AS.

Baca juga: Ini 22 Miliarder Indonesia yang Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia

Baca tentang


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X