Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buffet Berpesan kepada CEO Penerusnya agar Jangan Mengeluh soal Gaji

Kompas.com - 16/03/2015, 09:36 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Orang terkaya kedua dunia, Warren Buffet, memberi pesan bagi orang yang nantinya akan menggantikan posisinya sebagai chief executive officer (CEO) Berkshire Hathaway. Pesan pertama Buffett bagi bos berikutnya ialah, Anda akan sangat kaya, jadi jangan mengeluh tentang gaji.

Buffett, yang kini berusia 84 tahun, menerima gaji pokok 100.000 dollar AS (tepatnya 139.260 dollar AS) pada tahun lalu. Menurut Wall Street Journal, total gaji dan kompensasi Buffett tahun lalu ialah 464.011dollar AS, lebih rendah 4,4 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam surat perusahaan basis Nebraska-Omaha ini, pada regulator bursa, Buffett mengatakan, CEO berikutnya harus menghindari diri dari rasa tamak. Dia akan menyerahkan pengawasan CEO baru nantinya kepada putranya, Howard Bufett, yang kini menjadi non-executive Chairman.

"Perilaku CEO memiliki dampak besar bagi manajer di bawahnya. Jika mereka mengerti bahwa kepentingan pemegang saham adalah yang terpenting, dia bisa menampung pemikiran mereka," kata Buffett dalam surat tertulisnya, seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (14/3/2015).

Pesan kedua pemilik aset 70 miliar dollar AS ini adalah CEO harus berbaik hati memberi gaji, termasuk dengan memberikan opsi saham, juga memberikan penghargaan untuk pertumbuhan yang dicetak unit tertentu atau anak usahanya.

Gregg Abel, Chairman dan CEO Berkshire Hathaway Energy, menerima 27,6 juta dollar AS sepanjang tahun lalu, termasuk bonus tunai 11,5 juta dollar AS dan insentif non-ekuitas 12 juta dollar AS.

Baca juga: Ini 22 Miliarder Indonesia yang Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com