Kompas.com - 24/03/2015, 10:12 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT PGN (Persero) Tbk. Hendi Priyo Santoso mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan Kota Cerdas. Sejauh ini PGN telah memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dengan membangun jaringan infrastruktur gas bumi, baik dari pipa maupunn non-pipa bagi konsumen rumah tangga, transprotasi, usaha kecil dan menengah, hingga industri.

Hendi mengatakan, dalam cetak biru Kota Cerdas PGN mengharapkan adanya sinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan konektivitas energi. “Kami membangun infrastruktur gas bumi dari remote area di perdesaan dan hutan, tapi berujung, bermuara di kota, tempat, sentra industri dan populasi di Indonesia,” kata Hendi, dalam Peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015, Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Menurut Hendi, jika sinergi ini terbangun maka perencanaan pembangunan dan realisasi penyaluran gas bumi dari lapangan gas ke rumah tangga bisa lebih efisien dan terlaksana dengan baik. Apalagi, lanjut dia, kalau sinergi ini dijadikan standar untuk perencanaan suatu pembangunan infrastruktur yang terpadu. “Kami mengajak seluruh mitra untuk mewujudkan Kota Cerdas,” ujar Hendi.

Saat ini, PGN tidak hanya mengalirkan gas bumi dari pipa. PGN juga memproduksi gas dan mengalirkannya dengan berbagai macam bentuk cair (LNG), kompres (CNG), dan ke depan PGN akan membuat gas menjadi lebih portabel.

PGN telah memiliki jaringan pipa sepanjang 6.000 kilometer, dan FSRU Lampung dan FSRU Jawa Barat. PGN memiliki enam lapangan gas, tiga diantaranya sudah berproduksi.

Hendi menambahkan, PGN telah memiliki tiga unit usaha yang menjadi garda terdepan program konversi BBM ke BBG untuk transportasi. “Dan mudah-mudahan, ke depan bisa melayani sektor maritim. PGN melayani dari rumah tangga sampai industri besar dan pembangkit listrik. Kami mendorong kedaulatan energi, tapi kami tidak bisa bekerja sendiri dan perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Hendi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.