Sukses Pencarian Air Asia, Menhub Beri Penghargaan untuk 518 ABK

Kompas.com - 24/03/2015, 16:24 WIB
Pelampung air asia ditemukan nelayan Ma,mpie Polewali Mandar sulawesi barat di pantai mapie, Minggu petang (15/2). KOMPAS.ComPelampung air asia ditemukan nelayan Ma,mpie Polewali Mandar sulawesi barat di pantai mapie, Minggu petang (15/2).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan memberikan penghargaan kepada 518 anak buah kapal (ABK) yang berjasa dalam pencarian AirAsia QZ 8501 dan penangkapan kapal asing. Bahkan, dari jumlah itu 27 orang di antaranya mendapatkan kenaikan pangkat istimewa.

Dalam sambutannya, Jonan mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang terkait langsung dalam pencarian AirAsia QZ 8501 pada akhir  Desember 2014 lalu itu. "Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan. yang mewakili hampir 400 orang, baik dari TNI dan Kemenhub," ujar Jonan yang kemudian disambut tepuk tangan hadirin yang hadir di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Bobby Mamahit menyebutkan bahwa 518 ABK yang membantu evakuasi AirAsia AZ 8501 itu berasal dari Direktorat Kenavigasian 8 orang, Kapal Negara Alnilam 22 orang, Kapal Negara Mitra Utama 16 orang, Kapal Negara Bima Sakti Utama 35 orang, Kapal Negara Mithuna 27 orang, Kapal Negara Altair 29 orang, Kapal Negara Arcturus 21 orang, Kapal Negara Jadayat 18 orang, Kapal Negara Andromeda 20 orang, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai 4 orang, Kapal Negara Trisula 29 orang, Kapal Negara Chundamanai 24 orang, Kapal Negara Alugara 22 orang, Kapal Negara Sarotama 24 orang, KRI Banda Aceh 127 orang, para penyelam TBI AL 83 orang.

Sementara itu, khusus untuk 18 orang ABK Kapal Kapal Negara Jadayat, selain mendapatkan penghargaan, Jonan juga memberikan kenaikan pangkat istimewa. Sementara itu, ada 9 orang yang mendapat penghargaan sekaligus kenaikan pangkat karena menangkap 2 kapal asing. Sembilan orang itu terdiri dari 7 orang ABK Kapal Negara 330 dan 2 orang ABK Kapal Negara 592.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X