Kompas.com - 25/03/2015, 10:46 WIB
Kantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat Justin Sullivan/Getty ImagesKantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat
EditorErlangga Djumena

BEIJING, KOMPAS.com - Setelah membeli produsen ban Pirelli, korporasi China terus ekspansi di pasar global. Kali ini, perusahaan milik miliarder Zhao Weiguo, Tsinghua Unigroup, dikabarkan menjadi salah satu calon investor yang berminat membeli saham Hewlett-Packard Co.

"Tsinghua akan membeli aset Hewlett-Packard senilai 2,5 miliar dollar AS," sebut sumber Bloomberg, Selasa (24/3/2015).

Aksi ini menyusul pembelian sebagian saham Intel Corp oleh Tsinghua sebesar 1,45 miliar dollar AS di tahun lalu.

Sektor telekomunikasi dan internet menjadi salah incaran akuisisi perusahaan China. Ambisi China, mendirikan pabrik cip di negeri sendiri. Sebagai gambaran, saat ini jumlah ponsel di China sebanyak 1,3 miliar unit.

Catatan Bloomberg, Tsinghua telah merogoh dana sebesar 6,1 miliar dollar AS untuk membeli saham perusahaan cip dan penunjang dalam tempo dua tahun terakhir. Bulan lalu, Tsinghua mendapat pinjaman CNY 10 miliar dari pemerintah untuk ekspansi. (Dessy Rosalina)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X