Kompas.com - 27/03/2015, 18:08 WIB
EditorJosephus Primus


KOMPAS.com - Industri jasa verifikasi nasional Indonesia mengantisipasi pasar bebas ASEAN (MEA) dengan rencana perluasan di tiga negara. Rencana ini, sebagaimana disampaikan Direktur PT Surveyor Indonesia Bambang Isworo dalam keterbukaan informasi pada Jumat (27/3/2015), akan diwujudkan di Korea Selatan, Taiwan, dan Belanda. "Sebagai perusahaan di bidang jasa survei, kami harus proaktif dan merebut pasar global," katanya.

Pemerintah Indonesia memunyai dua perusahaan terkait jasa verifikasi yakni PT Sucofindo Indonesia dan PT Surveyor Indonesia. Kedua perusahaan ini, kata Bambang, sebelumnya, sudah memunyai perwakilan di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta Hong Kong.

Bambang menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia menyambut MEA. Pada bagian lain, kedua perusahaan juga mempertahankan pasar domestik yang tengah tumbuh pesar. “Inilah saatnya kita  memperkuat nasionalisme ekonomi sambil  memperkuat aliansi strategis dengan lembaga strategis dalam dan luar negeri,” pungkas Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.