Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Awal Pekan Variatif Berpeluang Naik Tipis

Kompas.com - 30/03/2015, 08:32 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif pada perdagangan awal pekan, Senin (30/3/2015). Peluang indeks naik akan berhadapan dengan sentimen pelemahan bursa regional.

Menutup pekan lalu IHSG berfluktuasi (sempat minus 19 poin) dan ditutup positif 28 poin pada level 5.397 dipimpin oleh saham semua sektor kecuali keuangan. Hal itu terjadi di tengah-tengah penguatan harga minyak mentah menjelang pengumuman data PDB Amerika Serikat (AS) dan alasan technical rebound meski rupiah turun.

Hari ini, menurut Riset Sucorinvest, secara teknikal IHSG berpotensi rebound pada kisaran 5.369–5.413. Sejumlah indikasi internal antara lain penguatan indeks sebelumnya diikuti dengan penurunan volume.

Di akhir pekan lalu indeks bursa Eropa ditutup menguat, dipimpin oleh saham sektor ekspor saat mata uang euro kembali melemah. Sedangkan bursa Wall Street ditutup menguat dan sepi, dipimpin oleh saham sektor teknologi setelah berita Intel Corp sedang berunding membeli Altera Corp. Hal itu terjadi di tengah-tengah angka PDB AS yang lebih rendah dari konsensus dan indek keyakinan konsumen lebih tinggi dari konsensus.

Pagi ini bursa Asia di buka variatif melemah saat harga minyak mentah dan tembaga turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com