Program Laku Pandai OJK Bisa Raup Dana Rp 300 Triliun

Kompas.com - 30/03/2015, 09:50 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorErlangga Djumena

MEDAN, KOMPAS.com - Program Layanan Keuangan Tanpa Cabang dalam rangka Keuangan Inklusi (Laku Pandai) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diproyeksikan mampu menarik dana sebesar Rp 200 triliun-Rp 300 triliun dari masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Komisioner OJK Nelson Tampubolon mengatakan, dana yang dikelola itu diharapkan nantinya bisa disalurkan dalam bentuk kredit di daerah setempat. Selama ini, dana tersebut masih tersimpan di rumah-rumah sehingga kurang maksimal untuk menopang perekonomian.

"Untuk tahap pertama adalah program tabungan, dan setelah itu digagas loan," jelasnya.

Program ini juga akan mendorong kapasitas kredit perbankan karena pertambahan Dana Pihak Ketiga (DPK). "Yang pasti, bank harus investasi dulu untuk program ini dan baru pada tahun kedua akan mencatat kan untung," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur BTPN Djemi Suhendra mengatakan melalui BTPN WOW, perseroan menjalankan program LAKU PANDAI OJK. Pada tahun pertama hingga ketiga, kemungkinan BTPN masih mencatatkan kerugian, dan baru pada tahun keempat akan mencatatkan break event point (BEP).

"Nilai investasinya cukup besar, ratusan miliar. Lebih banyak dialokasikan untuk investasi SDM, kalau untuk IT tidak begitu besar," jelasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.