Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Mencoba Bangkit

Kompas.com - 01/04/2015, 09:21 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot mencoba bangkit. Dikutip dari data Bloomberg pukul 09.06 WIB, mata uang Garuda menguat ke posisi Rp 13.043 per dollar AS, dibanding penutupan kemarin pada kisaran 13.074.

Indeks dollar AS yang kembali naik akan berhadapan dengan sentimen domestik yang memengaruhi posisi mata uang garuda. Data Amerika Serikat (AS) yang kembali membaik malam tadi berhasil membawa indeks dollar AS kembali ke kisaran 98.

Di sisi lain, Zona Euro yang mengumumkan inflasi yang masih negatif sore kemarin membuat mata uang euro kembali tertekan cukup tajam.

Harga minyak yang turun 2 persen semalam mengkonfirmasi bahwa pengaruh serangan Arab Saudi ke Yaman bukanlah masalah yang dapat mengganggu pasokan minyak mentah dunia. Indeks manufaktur AS ditunggu nanti malam, diperkirakan lebih rendah.  

Rupiah stabil dengan kecenderungan menguat pada perdagangan kemarin. Hampir seluruh mata uang di Asia juga menguat terhadap dollar AS hingga Selasa sore. Walaupun indeks dollar AS sedang dalam momentum penguatan, menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, rencana stimulus oleh Tiongkok justru mendorong penguatan indeks saham di Asia sehingga mencegah dollar AS untuk menguat.

Siang ini ditunggu angka inflasi yang diperkirakan naik tipis ke 6,3-6,4 persen secara tahunan di bulan Maret.  "Hari ini rupiah diperkirakan sedikit tertekan seiring dengan penguatan indeks dollar AS walaupun sentimen harapan stimulus dari Tiongkok masih bisa menahan dollar AS yang terlalu kuat," demikian riset Samuel Sekuritas Indonesia, pagi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com