Proyek Cilamaya Batal, Pertamina Puji "Leadership" Jusuf Kalla

Kompas.com - 02/04/2015, 17:23 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) menyampaikan bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah memutuskan untuk membatalkan proyek pembangunan pelabuhan Cilamaya seusai berkunjung langsung ke Karawang, Jawa Barat. Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam langsung memuji langkah JK tersebut. Menurut dia, langkah JK tersebut menunjukkan kepemimpinan nyata seorang tokoh nasional.

"Pelabuhan Cilamaya batal dibangun, beliau (JK) menunjukkan leadership (kepemimpinan) beliau," ujar Syamsu di Karawang, Kamis (2/4/2015).

Dia menuturkan, pada pagi tadi, Wapres didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri PPN Andrinof Chaniago, Dirut Pertamina Dwi Soetjipto, dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi meninjau langsung tempat pembangunan pelabuhan Cilamaya.

Bahkan, JK juga menggelar rapat langsung di Balai Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Cilamaya. Dalam rapat tersebut, kata Syamsu, beberapa menteri memaparkan langsung berbagai pertimbangan pembangunan pelabuhan Cilamaya. Setelah itu, lanjut dia, JK langsung mengambil kesimpulan terhadap proyek tersebut.

"Pak JK mengatakan 'bahwa pembangunan infrastruktur penting, migas juga penting. Akan tetapi, satu sama lain tidak boleh mengorbankan,' jadi beliau memutuskan (pelabuhan) dipindah ke tempat yang lebih safe di arah timur," kata Syamsu.

"Pak Wakil Gubernur (Jawa Barat Deddy Mizwar) juga menyampaikan, beliau akhirnya sampaikan bahwa Jabar bagian timur pun lebih penting, jadi arahannya sekarang pelabuhan ke arah timur," ucapnya.

Baca juga: Wapres Putuskan Proyek Pelabuhan Cilamaya Batal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.