RI Perlu Belajar dari Norwegia dan Brasil soal Tata Kelola Minyak

Kompas.com - 04/04/2015, 14:49 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Dani Prabowo
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia diharapkan banyak belajar dari Norwegia tentang tata kelola minyak. Sebagai salah satu negara penghasil minyak, Norwegia justru dapat menekan penggunaan minyak nasional dan beralih pada biofuel.

"Norwegia kaya akan minyak, tetapi industri dan listriknya tidak semua gunakan minyak. Ini penting untuk masa depan negara, tahu cara mengelola kebutuhan minyaknya," kata peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Imaduddin Abdullah, dalam sebuah diskusi, Sabtu (4/4/2015).

Tak hanya di dunia industri, penggunaan biofuel juga diterapkan untuk moda transportasi. Dengan demikian, cadangan minyak sebagai bahan bakar dapat terjaga.

Ia mengatakan, Indonesia juga perlu belajar dari Brasil yang telah memanfaatkan etanol sebagai bahan bakar. Abdullah mengatakan, ketergantungan Indonesia terhadap minyak sangat tinggi. Jika hal ini terus dibiarkan, yang akan rugi adalah generasi penerus nantinya.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X