Gali Potensi Mikro, Danamon Tingkatkan Pemahaman Nasabah UMKM

Kompas.com - 06/04/2015, 14:19 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA,KOMPAS.com - Senior Vice President PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk, Ketut Wijaya mengatakan saat ini tingkat pemahaman sektor unit mikro kecil menengah (UMKM) terhadap produk-produk pembiayaan perbankan masih rendah.

Menurut dia, dengan pemahaman minim, nasabah hanya akan jadi obyek tenaga pemasar. "Pengertian manfaat aset belum banyak yang ngerti, rumah atau motor tidak diurus. Akhirnya terjebak tenaga penjual yang maunya short term saja, kejar target tapi tidak produktif dalam jangka panjang," jelas Ketut kepada Kompas.com dalam acara CEO Forum oleh Onein20 Movement (Pro Indonesia) di Balai Kartini, Jakarta, Senin (6/4/2015).

Menurut Ketut, wirausahawan UMKM perlu memperhatikan kredibilitasnya sebagai nasabah dari perbankan. Pasalnya, kata dia, dalam dunia perbankan aspek kredibilitas menjadi salah satu pertimbangan bank dalam memberikan pinjaman.

"Bagaimana mereka menjaga kredibilitas mereka sebagai calon peminjam atau pengguna produk lending. Kami (perbankan) melihat dari kedisiplinan mereka menyisihkan keuntungan usaha untuk ditabung," kata Ketut.

Untuk itu, Bank Danamon melakukan program edukasi kepada tenaga pemasarnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Menurut dia, tenaga pemasar tersebut yelah diberikan pelatihan oleh mentor-mentor bisnis mengenai UMKM dan kewirausahaan.

"Saat ini kita punya 6.000 tenaga pemasar di lebih dari 830 unit, tersebar di 34 provinsi. Mereka melalui tenaga bisnis mentor sejumlah 16 orang kita didik secara bertahap di daerah masing-masing. Supaya mereka lebih jeli lihat masalah-masalah kewirausahaan pada debiturnya," tutur Ketut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X