Kompas.com - 06/04/2015, 15:57 WIB
Virtual office adalah bentuk aplikasi layanan perkantoran dalam format virtual. Cara kerjanya menggunakan sistem online sehingga pemilik virtual office hanya perlu terhubung dengan internet. Mereka dapat melakukan pekerjaan di manapun dengan bantuan komputer, tablet, PC atau smartphone. www.shutterstock.comVirtual office adalah bentuk aplikasi layanan perkantoran dalam format virtual. Cara kerjanya menggunakan sistem online sehingga pemilik virtual office hanya perlu terhubung dengan internet. Mereka dapat melakukan pekerjaan di manapun dengan bantuan komputer, tablet, PC atau smartphone.
EditorJosephus Primus


KOMPAS.com - Perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) bakal terwujud pada akhir 2015. MEA menjadi peluang bagi usaha kecil menengah (UKM) untuk naik kelas ke level lebih tinggi. Caranya, pelaku UKM bisa memanfaatkan teknologi internet. Pemanfaatan internet bisa meningkatkan sisi kinerja bisnis, pendapatan, layanan pelanggan hingga kualitas produk UKM. Hanya pelaku UKM yang memiliki keunggulan kompetitif akan mampu bertahan dan bersaing di tingkat regional.“Ini menjadi PR kita semua bagaimana mendorong UKM-UKM yang ada di Indonesia mampu naik kelas sehingga mampu bersaing secara kompetitif,” ujar Achmad Zaky, pendiri dan CEO Bukalapak saat menjadi pembicara di Pesta Wirausaha "Tangan di Atas" 2015, di Jakarta, Minggu malam (5/4/2015).

Zaky menaruh perhatian lebih kepada UKM karena secara historis UKM di Indonesia merupakan pemain utama dalam aktivitas ekonomi di dalam negeri tempat UKM memberikan kesempatan kerja yang besar bagi penduduk Indonesia. UKM juga merupakan sumber pendapatan utama maupun sekunder bagi banyak rumah tangga di Indonesia.

Data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa lebih dari 99 persen perusahaan di Indonesia adalah UKM dengan pertumbuhan cukup signifikan, dari 2,41 persen menjadi lebih dari 55,87 juta UKM pada 2011-2012. UKM juga memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, sebesar 59 persen. UKM memberi kontribusi terhadap lapangan pekerjaan sebesar 97 persen.

Di sisi lain, UKM juga telah banyak membantu kelompok masyarakat termasuk perempuan, minoritas,dan kelompok yang kurang beruntung lainnya. Meski demikian, Zaky melihat ada beberapa hal yang harus dilakukan para pelaku UKM untuk berbenah agar bisa naik kelas. Mungkin, UKM tidak seperti korporasi besar, tapi berada di level menengah dengan jumlah karyawan cukup dan omzetnya miliaran rupiah sehingga pendapatannya mencapai ratusan juta rupiah.

KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah Setiawan Ahmad Zaky, CEO Bukalapak.com saat diwawancarai wartawan di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Lima

Menurut Zaky ada lima hal agar UKM bisa terus berkembang, yaitu dream atau passion, focus, target & goal, dream team , dan competitive advantage. Maksud dari dream (mimpi) dan passion adalah kedua hal ini yang bisa membuat penampilan (performance) bisnis tetap tumbuh secara konsisten (steady grow) sekaligus menyelamatkan bisnis ketika kondisi bisnis naik-turun tak menentu.

Zaky telah membuktikannya ketika membangun Bukalapak dari bisnis di sebuah garasi, kemudian berkembang hingga sebesar seperti sekarang ini. Dream dan passion ini pula yang membuat bisnis Bukalapak tumbuh secara eksponensial, hingga terakhir mendapatkan investasi ratusan miliar dari Grup Emtek. "Bahkan, beberapa top seller di Bukalapak juga tumbuh secara eksponensial karena mereka memiliki dream dan passion,” ujarnya.

Selain dream and passion, lanjut Zaky, pelaku UKM juga harus fokus. “Banyak UKM-UKM di Indonesia, bisnisnya tetap kecil karena mereka tidak fokus. Ini menjadi penyakit yang banyak menghinggapi UKM-UKM di Tanah Air,” ujarnya.

Selanjutnya, alumnus Teknik Informatika ITB ini menekankan bahwa fokus sangatlah penting. Zaky merasakan kegagalan saat membangun bisnis karena dirinya tidak fokus. “Begitu saya memutuskan fokus pada satu bidang saja, yakni Bukalapak, semuanya menjadi lebih baik dan jauh lebih kompetitif. Ini harusnya juga menjadi pakem bagi UKM-UKM yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dalam perkembangan, terutama untuk mendorong agar bisnis terus tumbuh, kata Zaky, para pelaku UKM harus menetapkan target atau goal, baik itu bulanan, semesteran maupun tahunan. Hal ini telah dia lakukan ketika Bukalapak memperoleh suntikan dana segar dari investor Gree Venture Jepang.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.