Melemah Lagi, Rupiah Tembus Rp 13.000 per Dollar AS

Kompas.com - 08/04/2015, 09:34 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan Rabu (8/4/2015), bergerak melemah hingga menembus level 13.000. Data Bloomberg pukul 09.16 WIB, mata uang Garuda berada di posisi Rp 13.005 per dollar AS, melemah dibanding penutupan kemarin pada level 12.988.

Rupiah hari ini diperkirakan bergerak variatif. Indeks dollar AS yang naik siap menekan rupiah. Indeks dollar AS kembali menguat dengan derajat yang lebih tajam. Mayoritas data ekonomi AS Selasa (7/4/2015) waktu setempat, mulai dari job opening hingga consumer credit naik dibandingkan bulan lalu.

Ditambah dengan kekhawatiran yang meningkat mengenai kepastian pembayaran utang Yunani pada Kamis (9/4/2015) esok dan kewaspadaan menjelang BoJ meeting pagi ini, tekanan di pasar berhasil mendorong pelemahan euro serta yen yang cukup tajam. Kedua mata uang itu komposisi utama perhitungan indeks dollar AS.

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, dollar AS berpeluang melanjutkan sentimen penguatannya di Asia. Akan tetapi penguatan itu bisa berakhir jika dini hari nanti notulensi FOMC meeting kembali menekan ekspektasi kenaikan suku bunga the Fed.  

Rupiah mulai kembali ke jalur pelemahannya setelah hingga kemarin sore setelah dollar AS berhasil menguat terhadap mayoritas mata uang di Asia. Rupiah berpeluang melemah lagi hari ini untuk kembali mendekati kisaran Rp 13.000 per dollar AS. Tidak ada data ekonomi domestik penting yang ditunggu, pergerakan rupiah masih akan didominasi sentimen global.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X