Rupiah Pagi Melemah

Kompas.com - 09/04/2015, 09:13 WIB
Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat. TRIBUNNEWS/HERUDIN Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (9/4/2015), kembali melemah. Data Bloomberg pukul 09.00 WIB, mata uang Garuda berada di posisi Rp 12.972 per dollar AS, melemah dibanding penutupan kemarin pada 12.957

Hari ini rupiah mencoba menanjak meninggalkan level psikologis Rp 13.000 per dollar AS. "Hari ini rupiah berpeluang tetap kuat," demikian Riset Samuel Sekuritas Indonesia, pagi ini.

Dari eksternal, Rilis notulensi FOMC meeting Bank Sentral AS, The Federal Reserve, menunjukkan keyakinan untuk menaikkan suku bunga the Fed di tahun ini. Namun mengenai waktu kenaikan terdapat perbedaan pendapat - ada pendapat bahwa kenaikan di Juni masih terlalu cepat melihat perekembangan data ekonomi AS yang masih di bawah harapan.

Sementara itu, harga minyak turun drastis 6 persen malam tadi setelah data produksi minyak mentah AS serta mayoritas negara OPEC naik tajam. Hari Kamis ini ditunggu kepastian pelunasan utang Yunani kepada IMF di manahasil yang baik akan mendukung optimisme di pasar global.  

Rupiah yang sempat melemah di pembukaan Rabu pagi mengikuti penguatan indeks dollar AS yang tajam, akhirnya berhasil ditutup menguat menjelang penutupan. Penguatan rupiah bersamaan dengan pengautan mata uang lain di Asia.

Surat Utang Negara (SUN) juga berhasil menguat hingga penutupan walaupun aksi jual masih meliputi IHSG. Angka cadangan devisa yang turun di Maret menunjukkan Bank Indonesia yang menganggap bahwa rupiah sudah terlalu lemah dibandingkan nilai fundamentalnya.

Rupiah mencapai level terlemah Rp 13.250 dollar AS pada Maret lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X