Kompas.com - 13/04/2015, 08:33 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bergerak variatif pada perdagangan awal pekan ini, Senin (13/4/2015) ini. Di tengah penantian pemodal atas data-data ekonomi terbaru, indeks masih menguji level tertinggi terdekat di 5.520.

Setelah mencapai level penutupan tertingginya di 5.523 tengah pekan lalu, pergerakan IHSG cenderung konsolidatif hingga ditutup di 5.491,340 atau terkoreksi 9,560 poin (0,17 persen) akhir pekan lalu.

Koreksi IHSG ini lebih pada aksi ambil untung yang bersifat terbatas di tengah sikap pemodal yang menanti rilis laba triwulan I/2015 emiten dan data pertumbuhan ekonomi nasional di periode sama.

Selama sepekan IHSG menguat 0,64 persen. Penguatan IHSG sepekan kemarin dari sentimen domestik ditopang penguatan rupiah atas dollar AS hingga 0,7 persen di Rp 12.910 per dollar AS akhir pekan lalu.

Sedangkan dari eksternal, penguatan IHSG juga terimbas sentimen menanjaknya bursa saham di kawasan Asia. Hal ini terutama dimotori pasar saham Tiongkok merespon langkah Bank Sentral Negeri Tirai Bambu itu yang berkomitmen melanjutkan program stimulus untuk mengangkat perekonomian negara tersebut yang tengah menghadapi perlambatan.

Akhir pekan lalu data inflasi Tiongkok Maret mencapai 1,4 persen, lebih tinggi dari ekspektasi 1,3 persen. Angka itu telah meredahkan kekhawatiran ancaman deflasi di negara tersebut sehingga pasar saham Tiongkok kembali menguat tajam tercermin dari kenaikan indeks Shanghai Composite hingga 1,9 persen.

Riset First Asia Capital menyatakan memasuki perdagangan awal pekan ini peluang penguatan IHSG kembali terbuka menguji resisten di 5.520 setelah pasar saham global akhir pekan lalu kembali melanjutkan penguatannya.

"IHSG juga akan dipengaruhi pergerakan rupiah atas dollar AS yang cenderung menguat. IHSG akan bergerak dengan kisaran 5.460 hingga 5.520 cenderung menguat," sebutnya.

Saham-saham pilihan adalah PGAS, KLBF, CPIN, SMRA, GJTL, PTPP dan GIAA.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.