Antisipasi Penumpang Gelap, Garuda Minta Bandara Kecil Perketat Keamanan

Kompas.com - 14/04/2015, 22:19 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Garuda Indonesia mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan operator bandara sehingga peristiwa penumpang gelap yang baik ke dalam ruang roda pesawat tak terjadi lagi.

Dia berharap operator bandara berinisiatif memasang pagar dan CCTV disetiap bandara tanpa harus menunggu permintaan maskapai.

"Saya pikir ini harus dijadikan prioritas utama karena sangat berbahaya, jadi harus segera diperbaiki. Kalau bisa semua bandara tidak perlu ada ada permintaan (dari maskapai) tetapi secara otomatis sudah harus bikin pagar," ujar Arif Wibowo di Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Arif menyarankan, bandara yang mesti diperbaiki dari sisi pengawasannya yaitu bandara-bandara kecil karena banyak yang tak memiliki pagar sehingga dikhawatirkan menjadi celah bagi penumpang gelap menyusup ke pesawat.

"Terutama untuk bandara-bandara yang kecil. Bandara yang kecil itu  saya lihat banyak yang belum dipagar. Kalau toh pun sudah dipagar, CCTV nya harus berjalan dengan baik, pengawasannya juga harus baik. Jadi sebenarnya tiga hal, bandara itu dinyataan certified, secure dan safety nya baik, dari terminalnya, airside-nya, sampai runway-nya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.