Investor Tiongkok Akan Bangun Pabrik Motor Listrik di Cirebon

Kompas.com - 15/04/2015, 12:31 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin KOMPAS.com/ICHA RASTIKAMenteri Perindustrian Saleh Husin
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif terus berkembang. Motor listrik menjadi salah satu alternatif transportasi yang potensial dikembangkan di pasar besar Indonesia.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menuturkan, tak mau ketinggalan, rencananya dalam waktu dekat sebuah produsen tunggangan asal Tiongkok akan membangun pabrik motor listrik di Cirebon. "Harusnya bisa dibangun tahun ini, karena mereka sudah mengajukan NIK, dan kemudian akan mengajukan izin layak jalan ke Kementerian Perhubungan," ujar Saleh ditemui usai mengisi sebuah diskusi, Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Saleh mengatakan, saat ini produsen tersebut sudah memiliki bengkel perakitan di Cikeas. Malah, beberapa waktu lalu, Saleh mengaku sempat menjajal keandalan motor listrik, yang dirakit oleh putra-putri bangsa.

"Saya coba motor listriknya, termasuk juga bajajnya. Bagus," kata Saleh.

Saleh mengatakan, pabrik motor listrik di Cirebon itu nantinya memiliki kandungan lokal cukup tinggi, di atas 50 persen. Mengenai bahan bakarnya, Saleh menjelaskan mayoritas yang diproduksi hanya mengandalkan listrik.

"Tapi ada satu (merek) yang hibrid," ujar dia.

Namun, Saleh mengaku tidak tahu berapa investasi yang akan dibenamkan. Rencananya, motor listrik itu nantinya akan dipasarkan dengan merek lokal. "Mereknya lokal (Indonesia) tapi memang dari (produsen) China," tandas Saleh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X