Pemerintah Ibaratkan Jualan Premium di Kota seperti Jualan Tahu di Menteng

Kompas.com - 17/04/2015, 22:19 WIB
Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) 34-10206, Jakarta, Jumat (12/4/2013). Pemerintah terus membahas langkah yang akan diambil untuk mengurangi subsidi bahan bakar yang membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara. 

KOMPAS/PRIYOMBODOAktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) 34-10206, Jakarta, Jumat (12/4/2013). Pemerintah terus membahas langkah yang akan diambil untuk mengurangi subsidi bahan bakar yang membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mendukung rencana PT Pertamina (Persero) untuk menjual bensin beroktan 88 (Premium) hanya di jalur angkutan umum dan pinggiran kota, seiring dengan akan dikeluarkannya produk baru Pertamina yakni Pertalite.

"Itu bagus, karena masalah tempat. Sama kalau di Menteng, di Thamrin jualan tahu. Itu kemahalan (bagi penjual) karena sewa tanahnya lebih tinggi. Jadi, kalau di Thamrin ya jualannya guci, dan sebagainya,” kata Sofyan, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Sebagimana diketahui, BUMN migas Pertamina berencana merilis produk baru Pertalite, pada Mei mendatang.

Direktu Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, bensin jenis baru dengan nama Pertalite itu merupakan produk transisi sebelum penghapusan premium berangka oktan 88. “Harganya tentu akan lebih mahal ketimbang Premium,” kata Bambang, Kamis (16/4/2015).

Bambang belum mau membocorkan harga ataupun nama bensin produk baru tersebut. Namun, kemungkinan berkisar antara Premium 88 yang harganya Rp 7.400 per liter hingga Pertamax 92 yang harganya Rp 8.600 per liter.

Menurut Bambang, dengan kehadiran Pertalite, maka Premium hanya dijual di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur angkutan umum dan pinggiran kota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.