Kompas.com - 20/04/2015, 22:04 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Para delegasi negara Asia Afrika sudah berdatangan ke Indonesia untuk ikut serta dalam perayaan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 19-24 April 2015. Sejumlah negara pun membawa pesawat khusus kepala negara atau delegasinya. Lantas di mana pesawat-pesawat kepala negara tersebut diparkir?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan 41 area parkir di tiga bandara. "Ada 19 (parking stand) di Bandara Halim, 15 di Bandara Soekarno-Hatta, dan tujuh di Bandara Husein Sastranegara Bandung," ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat berbincang dengan wartawan di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Selain tiga bandara tersebut, Kemenhub juga mempersiapkan parkir pesawat di dua bandara lainnya, yaitu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Bandara Adi Soemarmo Solo.

Untuk memperlancar administrasi dan protokoler, Kemenhub membentuk posko Direktorat Perhubungan Udara di Bandara Soetta, Halim Perdanakusuma, dan Husein Sastranegara. Khusus untuk Halim, Kemenhub membentuk dua posko lantaran bandara tersebut menjadi titik sentral flight pesawat VVIP tersebut.

"Kami lakukan prosedur standar untuk pelayanan pesawat VVIP yang berjumlah 32 flight sehingga akan ada delay terhadap berbagai lalu lintas penerbangan," kata Jonan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.