Kompas.com - 21/04/2015, 15:47 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Wirausaha mengambil peranan penting untuk sebuah Negara. Selain mendorong pertumbuhan ekonomi, wirausaha juga ikut andil dalam membuka lapangan kerja.

Semakin banyak wirausaha, semakin berkurang jumlah pengangguran pada suatu negara. Untuk pengusaha sendiri, berwirausaha dapat menambah penghasilan bulanan.

Muliaman D. Hadad, Ketua Dewan Komisioner OJK, mengatakan untuk menunjang pertumbuhan usaha mandiri, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengambil peran sebagai penyedia produk dan jasa keuangan melalui Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Menurut dia, peraturan penyelenggaraan LKM menetapkan bahwa sasaran utama LKM adalah masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah serta usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Masyarakat tidak perlu merasa enggan atau pesimistis. Proses pendanaan LKM dipastikan lebih sederhana dan aksesnya pun mudah," ujar Muliaman, Senin (21/4/2015).

Tujuan utama LKM adalah membantu pengembangan usaha dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam skala mikro. Fasilitas finansial yang ada tidak hanya ditujukan bagi pelaku usaha konvensional, peluang yang sama terbuka lebar untuk para pengusaha yang ingin menerapkan prinsip dasar Syariah.

LKM tersebar di setiap daerah mencakup wilayah desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota. Sampai akhir 2014 sudah ada lebih dari 637.838 LKM di seluruh Indonesia. Banyaknya LKM ini tentunya diiringi dengan pembinaan, pengawasan, pengaturan, dan pembinaan LKM bekerjasama dengan Pemda sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro.

"Tumbuhnya LKM di setiap pelosok daerah juga akan diikuti dengan berjalannya program bantuan pengelolaan simpanan dan jasa konsultasi pengembangan usaha," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peningkatan perekonomian dan produktivitas masyarakat adalah tujuan jangka panjang LKM. Dia berharap, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga memiliki akses pendanaan agar dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya dengan berwirausaha.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.