Tim Satgas "Anti-illegal Fishing" Sebut Yoseph Berkantor di Kantor PBR

Kompas.com - 21/04/2015, 19:46 WIB
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Anti-illegal Fishing, Yunus Husein mengatakan wajar jika Yoseph Sairlela, Koordinator Pos Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PSDKP KKP), di Benjina mengetahui banyak informasi tentang perusahaan PT Pusaka Benjina Resources (PBR). “Pak Oce (panggilan akrab Yoseph) berkantor di situ (kantor PBR),” kata Yunus kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Selain PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kantor Bea dan Cukai Kementerian Keuangan di Benjina pun menumpang di Kantor PBR. Diakui Yunus, banyak instansi pemerintah yang berlokasi dalam satu gedung di Benjina, mengingat daerah Benjina kecil dan tidak memiliki fasiltias perkantoran lengkap.

Yunus mengatakan, Yoseph merupakan penyidik KKP di bidang kelautan dan perikanan yang bertugas di Benjina. Dia juga bilang, sebagai pengawas satuan kerja (satker), Yoseph sudah barang tentu mengetahui seluruh kegiatan di Benjina. “(Oce) Banyak tahu, iya. Tapi, kalau berhubungan dengan kasus perbudakan Benjina, tidak. Karena dia bukan yang menangani itu,” imbuh Yunus.

Sementara itu, dikonfirmasi perihal kematian Yoseph terkait dengan kasus perbudakan di Benjina yang dilakukan PBR, Yunus enggan berkomentar lebih. Yunus memilih tidak berspekulasi akan kematian Yoseph. “Apakah dia dikerjain sama orang, kita belum tahu. Bisa jadi beliau ada pressure dengan kasus pelanggaran di depan mata dia. Namun beliau tidak menangani kasus perbudakan itu,” tandas Yunus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.