Danai Berbagai proyek, Tiga BUMN "Rights Issue" Rp 5,035 Triliun

Kompas.com - 24/04/2015, 12:55 WIB
Gedung Kementerian BUMN wikipediaGedung Kementerian BUMN
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Tiga BUMN yakni PT Antam Tbk, PT Adhi Karya Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk, berencana menerbitkan saham baru (rights issue) untuk meraup dana senilai total Rp 5,035 triliun.

Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno menuturkan, dana tersebut akan digunakan membiayai sejumlah proyek oleh masing-masing perseroan, di antaranya pembangunan Light Rail Transit (LRT), proyek anoda slime di Jawa Timur, serta proyek jalan tol di Jawa dan transmisi listrik di Sumatera.

“Tujuan right issue untuk meningkatkan kapasitas (perseroan),” kata Rini dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR-RI, Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Rini menjelaskan, saat ini kepemilikan saham pemerintah di Antam sebesar 65 persen, sedangkan penyertaan modal negara (PMN) yang diberikan sebesar Rp 3,5 triliun. Dana publik yang diharapkan bisa dihimpun dari right issue sebesar Rp 1,89 triliun.

Selain digunakan untuk membiayai proyek anoda slime di Jawa Timur, dana tersebut akan digunakan untuk penyelesaian proyek Feni Halmahera Timur (FHT).

Adapun kepemilikan saham pemerintah di Adhi Karya sebesar 61 persen, dengan PMN sebesar Rp 1,4 triliun. Ditargetkan, dana publik yang ditargetkan bisa dihimpun dari right issue sebesar Rp 1,345 triliun. Rini menerangkan, dana ini akan digunakan Adhi Karya untuk pembangunan proyek LRT di Jabodetabek.

Sementara itu, saham pemerintah di Waskita Karya sebesar 66,02 persen, dan PMN sebesar Rp 3,5 triliun. Diharapkan dana publik yang bisa dihimpun sebesar Rp 1,8 triliun. Dana ini akan digunakan untuk proyek tol di Jawa dan transmisi listrik di Sumatera.

“Kami mengharapkan dana publik sudah bisa masuk ke Adhi Karya dan Waskita Karya pada Juli 2015, dan Antam pada awal kuartal III-2015. Mohon izin ke Komisi VI agar right issue dapat dipertimbangkan untuk disetujui,” tandas Rini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X