OJK Utamakan Pengalaman dan Kompetensi Direksi BEI

Kompas.com - 27/04/2015, 06:34 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara terbuka sudah menetapkan pertimbangan utama untuk calon direksi baru PT Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah pengalaman dan kompetensi.

Kepala Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida, dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan, pihaknya sudah memiliki kriteria yang baku dalam menilai calon direksi BEI.

"Pengalaman dan kompetensi menjadi standar utama penilaian dalam uji kompetensi. Dua hal itu sangat penting. Tidak bisa ditawar lagi. Selain itu, rekam jejak calon, apakah pernah melakukan pelanggaran atau tidak, juga menjadi hal penting dalam penilaian direksi baru BEI," katanya.

Nurhaida menegaskan, pengalaman berkarier di lingkungan pasar modal menjadi salah satu syarat administratif utama yang harus dipenuhi para calon.

Kemudian, di dalam syarat dan kriteria yang ditetapkan OJK disebutkan bahwa paket calon direksi BEI harus berpengalaman. "Misalnya, pengalaman lima tahun di perusahaan jasa keuangan, dan minimal tiga tahun di perusahaan efek," ujarnya.

Lebih lanjut Nurhaida mengatakan, OJK berharap calon direksi BEI yang akan masuk uji kepatutan dan kelayakan (fit and propert test) merupakan orang-orang pilihan dan terbaik sesuai dengan harapan dari anggota bursa (AB).

"Kita berharap beberapa paket calon direksi BEI yang diajukan AB tentunya sudah dinilai layak. Karena bagaimanapun juga, penilaian di awal ada di AB dan kita saring lagi dalam fit and proper test, siapa yang layak dan siapa yang tidak layak," katanya.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X